Laman

Minggu, 19 Juni 2016

Wajibnya Amar Ma'ruf Nahi Munkar

بِسْمِ اللّهِ الرَّحمنِ الرَّحيمِ
إِنَّ الحمدَ للّه، نحمدُه ونستعينُه ونستغفرُه، ونعوذُ باللّه من شرور أنفسِنا ومن سيِّئات أعمالِنا، من يهده الله فلا مُضِلَّ له، ومن يضلِلْ فلا هادي له، وأشهد أنْ لا إِله إِلا الله وحده لا شريكَ له، وأشهد أنَّ محمداً عبده ورسوله.
"يا أيُّها الذينَ آمنوا اتَّقوا اللّه حقَّ تُقاتِه ولا تَموتُنَّ إلا وأنتُم مُسلمونَ " .
"يا أيها الناس اتَّقوا ربكم الذي خَلَقَكُم من نفسٍ واحدةٍ وخلقَ منها زوجَها وبَثَّ منهُما رِجالاً كثيراً ونساءً واتَّقوا الله الذي تساءَلونَ به والأرْحامَ إِنَّ اللّه كانَ عليكم رَقيباً"
"يا أيها الذينَ آمنوا اتَقوا اللّه وقولوا قولاً سَديداً. يُصْلحْ لكُم أعْمالَكم ويَغْفِرْ لكم ذُنوبكم ومَن يُطِع اللّه ورَسولَه فقد فازَ فوزاً عَظيماً" .

"أما بعدُ؛ فإن أصدقَ الحديثِ كتابُ اللّه، وأحسنَ الهديِ هديُ محمدٍ - صلى الله عليه وسلم -، وشر الأمورِ محدثاتها، وكلَّ محدثةٍ بدعةٌ ، وكل بدعة ضلالةٌ ، وكل ضلالةٍ في النار.

Wajibnya untuk memerintahkan kepada yang benar dan melarang dari yang mungkar.

Sebagai perwujudan firman Alloh Subhanahu wa Ta'ala didalam Alqur'an



وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2)

 إِلا الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (3)

  1. Demi masa. 
  2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, 
  3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

)إِنْ أُرِيدُ إِلا الإصْلاحَ مَا اسْتَطَعْتُ وَمَا تَوْفِيقِي إِلا بِاللَّهِ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْهِ أُنِيبُ )  [هود: 88]

(tidaklah yang saya inginkan kecuali perbaikan semampuku, dan tidaklah saya mendapatkan taufiq kecuali dari Alloh Ta'ala, kepadaNya lah saya bertawakal dan kepadaNya saya kembali)

[ عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال : سمعت رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم يقوم : من رأى منكم منكرا فليغيره بيده فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك أضعف الإيمان ] رواه مسلم.

"Barangsiapa melihat kemungkaran hendaknya dia merubah dengan tangannya, apabila tidak mampu maka dengan lisannya, apabila tidak mampu maka dengan hatinya, dan itu adalah selemah-lemahnya iman." (diriwayatkan oleh Imam Muslim)


Dan hadits Nabi shollallohu 'alaihi wasallam :

عن أبي تميم بن أوس رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال " الدين النصيحة قلنا لمن ؟ قال : لله ولرسوله وللأئمة المسلمين و عامتهم " رواه البخاري ومسلم .


Dari Tamim bin aus rodhiallohu 'anhu bahwa Nabi shollallohu 'alaihi wasallam berkata: agama itu adalah nasehat. Maka kami berkata : untuk siapa? Maka beliau menjawab: untuk Alloh Subhanahu wa Ta'ala, dan untuk rosulNya dan untuk para penguasa muslimin dan untuk seluruh kaum muslimin.(riwayat Bukhori dan Muslim)




Tentang Amar Ma'ruf dan Nahi Mungkar


Pertama : Wajibnya amar ma'ruf dan nahi mungkar

Perlunya ilmu didalam amar ma'ruf dan nahi mungkar.


Wajib bagi seorang dai yang hendak amar ma'ruf nahi mungkar untuk berbekal ilmu sebagaimana firman Alloh Subhanahu wa Ta'ala :


{ قُلْ هَذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ} .
108. Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha suci Allah, dan aku tiada Termasuk orang-orang yang musyrik".(surat Yusuf, 108)

Berkata Al imam Assa'di didalam tafsirnya :

يقول تعالى لنبيه محمد صلى الله عليه وسلم: { قُلْ } للناس { هَذِهِ سَبِيلِي } أي: طريقي التي أدعو إليها، وهي السبيل الموصلة إلى الله وإلى دار كرامته، المتضمنة للعلم بالحق والعمل به وإيثاره، وإخلاص الدين لله وحده لا شريك له، { أَدْعُو إِلَى اللَّهِ } أي: أحثُّ الخلق والعباد إلى الوصول إلى ربهم، وأرغِّبهم في ذلك وأرهِّبهم مما يبعدهم عنه.
ومع هذا فأنا { عَلَى بَصِيرَةٍ } من ديني، أي: على علم ويقين من غير شك ولا امتراء ولا مرية. { وَ } كذلك { مَنِ اتَّبَعَنِي } يدعو إلى الله كما أدعو على بصيرة من أمره. { وَسُبْحَانَ اللَّهِ } عما نسب إليه مما لا يليق بجلاله، أو ينافي كماله.

{ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ } في جميع أموري، بل أعبد الله مخلصا له الدين.

"Berkata Alloh Subhanahu wa Ta'ala kepada Nabi Muhammadd shollallohu 'alaihi wasallam : katakan kepada seluruh manusia (ini adalah jalanku) yakni jalan yang aku menyeru kepadanya yaitu jalan menuju Alloh Subhanahu wa Ta'ala dan janah Nya, diatas ilmu yang haq dan beramal dengannya serta memuliakan ilmu, bersama dengan keihlasan hanya kepada Alloh Subhanahu wa Ta'ala. (aku menyeru kepada Alloh) yakni aku anjurkan seluruh mahluk dan hamba Nya untuk menuju kepada Rob mereka, dan memperingatkan mereka dari hal-hal yang membuat mereka jauh dari Alloh Ta'ala. Dan bersamaan itu maka aku (diatas bashiroh) didalam agamaku yakni diatas ilmu dan keyakinan tanpa keraguan dan perdebatan serta kedustaan. (demikian juga orang-orang yang mengikutiku) menyeru kepada Alloh Ta'ala sebagaimana aku menyeru diatas petunjuk didalam urusannya. (dan maha suci Alloh) dari apa yang aku katakan tentang Alloh Ta'ala yang tidak sesuai dengan kebesaran dan keutamaan Nya. (dan bukanlah aku dari orang-orang yang musyrik) didalam seluruh urusanku bahkan aku menyembah Alloh Ta'ala dengan ihlas.(selesai)

Ilmu adalah apa-apa yang bersumber dari Alloh Subhanahu wa Ta'ala dan Rosul Nya, maka dengan ilmu yang dia miliki seorang dai mampu untuk memilah milah mana itu perintah dan mana itu larangan didalam agama, serta mengetahui jalan Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam dalam amar ma'ruf nahi mungkar demikian juga jalan para shahabatnya rodhiallohu 'anhum serta jalan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik. 

Berkata Al imam As sa'diy rahimahulloh ditafsir beliau surat al imron ayat 187 :


وَإِذْ أَخَذَ اللَّهُ مِيثَاقَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ لَتُبَيِّنُنَّهُ لِلنَّاسِ وَلَا تَكْتُمُونَهُ فَنَبَذُوهُ وَرَاءَ ظُهُورِهِمْ وَاشْتَرَوْا بِهِ ثَمَنًا قَلِيلًا فَبِئْسَ مَا يَشْتَرُونَ (187)  

الميثاق هو العهد الثقيل المؤكد، وهذا الميثاق أخذه الله تعالى على كل من أعطاه [الله] الكتب وعلمه العلم، أن يبين للناس ما يحتاجون إليه مما علمه الله، ولا يكتمهم ذلك، ويبخل عليهم به، خصوصا إذا سألوه، أو وقع ما يوجب ذلك، فإن كل من عنده علم يجب عليه في تلك الحال أن يبينه، ويوضح الحق من الباطل.
فأما الموفقون، فقاموا بهذا أتم القيام، وعلموا الناس مما علمهم الله، ابتغاء مرضاة ربهم، وشفقة على الخلق، وخوفا من إثم الكتمان.وأما الذين أوتوا الكتاب، من اليهود والنصارى ومن شابههم، فنبذوا هذه العهود والمواثيق وراء ظهورهم، فلم يعبأوا بها، فكتموا الحق، وأظهروا الباطل، تجرؤا على محارم الله، وتهاونا بحقوق الله، وحقوق الخلق، واشتروا بذلك الكتمان ثمنا قليلا وهو ما يحصل لهم إن حصل من بعض الرياسات، والأموال الحقيرة، من سفلتهم المتبعين أهواءهم، المقدمين شهواتهم على الحق،
فأما الموفقون، فقاموا بهذا أتم القيام، وعلموا الناس مما علمهم الله، ابتغاء مرضاة ربهم، وشفقة على الخلق، وخوفا من إثم الكتمان.وأما الذين أوتوا الكتاب، من اليهود والنصارى ومن شابههم، فنبذوا هذه العهود والمواثيق وراء ظهورهم، فلم يعبأوا بها، فكتموا الحق، وأظهروا الباطل، تجرؤا على محارم الله، وتهاونا بحقوق الله، وحقوق الخلق، واشتروا بذلك الكتمان ثمنا قليلا وهو ما يحصل لهم إن حصل من بعض الرياسات، والأموال الحقيرة، من سفلتهم المتبعين أهواءهم، المقدمين شهواتهم على الحق،

Al-miitsaq adalah perjanjian yang berat lagi tegas, dan perjanjian ini Alloh Subhanahu wa Ta'ala ambil dari setiap orang yang telah Dia berikan kitab-kitab dan Dia berikan ilmu, untuk menjelaskan kepada manusia apa-apa yang mereka perlukan dari ilmu yang dia ketahui dan tidak menyembunyikannya ataupun bakhil padanya, terlebih lagi kalau manusia bertanya kepadanya atau terjadi sesuatu yang wajib baginya menjelaskan kepada mereka. Maka sesungguhnya dalam keadaan yang seperti ini wajib atas orang yang mempunyai ilmu untuk menunjuki manusia dan menjelaskan mereka antara yang haq dan yang bathil.

Adapun para pemilik ilmu yang menepati janji, maka mereka melaksanakan kewajiban ini dengan sebaik-baiknya, dan mereka mengajari manusia dengan apa yang telah Alloh Subhanahu wa Ta'ala ajarkan mereka, dengan semata-mata mengharapkan keridho'an Rob mereka, dan kasih sayang kepada mahluk, serta takut dari dosa menyimpan ilmu.
Adapun ahlul kitab dari golongan Yahudi dan Nashoro dan yang semisal mereka, melempar perjanjian dan persaksian ini semua di belakang punggung-punggung mereka sambil meremehkannya. Maka mereka menyembunyikan alhaq dan menampakkan kebatilan serta berani untuk terjerumus didalam apa-apa yang Alloh Subhanahu wa Ta'ala haromkan, bermudah-mudah didalam hak-hak Alloh Subhanahu wa Ta'ala dan hak-hak mahlukNya. Mereka membeli penyembunyian ilmu ini dengan harga yang rendah, yaitu berupa pangkat/kedudukan itupun kalau mereka dapatkan, serta harta dunia yang hina dari orang-orang rendah para pengikut hawa nafsu yang mendahulukan syahwat mereka atas kebenaran.

Kedua : Pendorong Amar Ma'ruf Nahi Munkar 

Berkata al imam Ibnu rajab al hanbaly didalam kitab beliau jami'ul ulum wal hikam di dalam pembahasan hadits nomer 34 :

واعلم أن الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر تارة يحمل على رجاء ثوابه وتارة خوف العقاب في تركه وتارة الغضب لله على انتهاك محارمه وتارة النصيحة للمؤمنين والرحمة لهم ورجاء إنقاذهم مما أوقعوا أنفسهم فيه من التعرض لعقوبة الله وغضبه في الدنيا والآخرة وتارة يحمل عليه إجلال الله وإعظامه ومحبته وأنه أهل أن يطاع ويذكر فلا ينسي ويشكر فلا يكفر وأنه يفتدي من انتهاك محارمه بالنفوس والأموال.

Ketahuilah bahwa amar ma'ruf nahi mungkar diantara pendorongnya adalah mengharapkan pahala dari Alloh Subhanahu wa Ta'ala, takut dari siksaannya jika meninggalkannya, atau marah karena Alloh Subhanahu wa Ta'ala dikarenakan larangan-laranganNya diinjak-injak atau nasehat untuk mukminin dan rohmah kepada mereka serta berharap agar mereka terlepas dari apa-apa yang mereka jatuh didalam hal-hal yang menyebabkan siksaan dan kemurkaan Alloh Subhanahu wa Ta'ala didunia dan akherat, atau karena mengagungkan Alloh Subhanahu wa Ta'ala dan mencintaiNya serta meyakini bahwa Dialah yang ditaati, diingat bukannya dilupakan, disyukuri bukannya diingkari, diserahkan jiwa dan hartanya daripada dinjak-injak larangan-laranganNya.

Ketiga : Sabar didalam amar ma'ruf nahi munkar.

Kemudian berkata rohimahulloh berikutnya:

كما قال بعض السلف وددت أن الخلق كلهم أطاعوا الله وأن لحمي قرض بالمقاريض وكان عبد الملك بن عمر بن عبدالعزيز يقول لأبيه وددت أني غلت بي وبك القدور في الله تعالى ومن لحظ هذا المقام والذي قبله هان عليه كل ما يلقي من الأذى في الله تعالى وربما دعا لمن آذاه كما قال ذلك النبي صلى الله عليه وآله وسلم لما ضربه قومه فجعل يمسح الدم عن وجهه ويقول رب اغفر لقومي فإنهم لا يعلمون  

Sebagaimana perkataan sebagian salaf :"aku suka apabila semua mahluk taat kepada Alloh Subhanahu wa Ta'ala walaupun dagingku dipotong-potong dengan gunting", berkata Abdulmalik bin umar bin abdul aziz kepada ayahnya :"aku suka apabila dididihkan air di panci yang besar untukku dan untuk engkau dijalan Alloh Subhanahu wa Ta'ala". Maka barangsiapa yang memperhatikan kedudukan ini dan yang sebelumnya akan ringan bagi dia setiap gangguan yang dia dapatkan dijalan Alloh Subhanahu wa Ta'ala.
Bahkan kadangkala dia mendo'akan kebaikan bagi orang yang menyakiti dia sebagaimana perkataan Nabi shollallohu 'alaihi wasallam ketika kaumnya memukul dia sambil dia mengusap darah yang ada diwajahnya :"Ya Rob ampunilah kaumku karena sesungguhnya mereka tidak tahu". 

Keempat : Hukum asal didalam amar ma'ruf nahi munkar adalah dengan lemah lembut.

Kemudian berkata rohimahulloh berikutnya:

وبكل حال فتبين الرفق في الإنكار قال سفيان الثوري لا يأمر بالمعروف ولا ينهي عن المنكر إلا من كان فيه ثلاث خصال رفيق بما يأمر رفيق بما ينهي عدل بما يأمر عدل بما ينهي عالم بما يأمر عالم بما ينهي وقال أحمد الناس محتاجون إلى مداراة ورفق الأمر بالمعروف بلا غلظة إلا رجل ملعن بالفسق فلا حرمة له قال وكان أصحاب ابن مسعود إذا مروا بقوم يرون منهم ما يكرهون يقولون مهلا رحمكم الله مهلا رحمكم الله وقال أحمد يأمر بالرفق والخضوع فإن أسمعوه ما يكره لا يغضب فيكون يريد أن ينتصر لنفسه والله أعلم  

Perlu diperhatikan disini adanya kelembutan didalam mengingkari kemungkaran, berkata Sufyang atstsaury : "tidaklah berhak untuk amar ma'ruf nahi mungkar kecuali orang-orang yang mempunyai tiga perkara lembut didalam amar ma'ruf lembut didalam nahi mungkar, adil didalam amar ma'ruf, punya ilmu didalam amar ma'ruf".


Berkata al imam Ahmad :"manusia membutuhkan penyikapan yang baik dan kelembutan, amar ma'ruf tanpa kekerasan kecuali seseorang yang mengumumkan kafasikan maka tidak ada kehormatan bagi dia" dan beliau berkata:"adalah para sahabat Ibnu mas'ud apabila bertemu suatu kaum yang melakukan sesuatu yang mereka tidak sukai berkata "tinggalkanlah oleh kalian ini semua semoga Alloh Subhanahu wa Ta'ala merohmati kalian, tinggalkanlah oleh kalian ini semua semoga Alloh Subhanahu wa Ta'ala merohmati kalian". dan beliau berkata juga:"amar ma'ruf dengan kelembutan dan tawadhuk, apabila mereka memperdengarkan sesuatu yang tidak mengenakkan jangan marah, seakan-akan hendak membela diri dia sendiri (bukan ihlas karena Alloh)".walloh a'lam.

--Penutup--

Demikian akhir dari tulisan ini kami buat, semoga bermanfaat untuk penulis dan pembaca.
Dan penulis meminta ampun kepada Alloh Subhanahu wa Ta'ala atas segala kesalahan yang penulis buat.

Berkata Imam Ibnul Qoyim rohimahullohu Ta'ala  didalam bukunya Al kaafiyah asy syaafiyah fil intishaari lil firqotin naajiyah (al qoshiidah an nuuniyah):

يا رب غفرا قد طغت أقلامنا ... يا رب معذرة من الطغيان
  
Wahai robku mohon ampun atas tergelincirnya penaku
                      Wahai robku mohon 'udzur dari ketergelinciranku.

سبحانك اللهم ربنا وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك و أتوب إليك


Abu Abdirrohman Utsman Wahyudi Al Indonisiy
(Pengajar Ma'had Daarus Salaf Semarang)


Semarang, 15 Jumadil Awal 1437

Tidak ada komentar:

Posting Komentar