Laman

Selasa, 21 Juni 2016

Wajibnya Menolong Agama

بِسْمِ اللّهِ الرَّحمنِ الرَّحيمِ

إِنَّ الحمدَ للّه، نحمدُه ونستعينُه ونستغفرُه، ونعوذُ باللّه من شرور أنفسِنا ومن سيِّئات أعمالِنا، من يهده الله فلا مُضِلَّ له، ومن يضلِلْ فلا هادي له، وأشهد أنْ لا إِله إِلا الله وحده لا شريكَ له، وأشهد أنَّ محمداً عبده ورسوله.
"يا أيُّها الذينَ آمنوا اتَّقوا اللّه حقَّ تُقاتِه ولا تَموتُنَّ إلا وأنتُم مُسلمونَ " .
"يا أيها الناس اتَّقوا ربكم الذي خَلَقَكُم من نفسٍ واحدةٍ وخلقَ منها زوجَها وبَثَّ منهُما رِجالاً كثيراً ونساءً واتَّقوا الله الذي تساءَلونَ به والأرْحامَ إِنَّ اللّه كانَ عليكم رَقيباً"
"يا أيها الذينَ آمنوا اتَقوا اللّه وقولوا قولاً سَديداً. يُصْلحْ لكُم أعْمالَكم ويَغْفِرْ لكم ذُنوبكم ومَن يُطِع اللّه ورَسولَه فقد فازَ فوزاً عَظيماً" .
"أما بعدُ؛ فإن أصدقَ الحديثِ كتابُ اللّه، وأحسنَ الهديِ هديُ محمدٍ - صلى الله عليه وسلم -، وشر الأمورِ محدثاتها، وكلَّ محدثةٍ بدعةٌ ، وكل بدعة ضلالةٌ ، وكل ضلالةٍ في النار.


Wajibnya Menolong Agama


Perlu diingat bahwa tujuan utama musuh-musuh islam adalah menghancurkan islam, diantaranya adalah dengan jalan menimbulkan kesan jelek atau menghancurkan nama baik para pemikul amanah Nabi, yakni para ulama, hingga manusia menjauhi dan memusuhi para penyeru dakwah kepada manhaj yang lurus, kemudian menggantikan mereka dengan sosok-sosok yang tidak mampu atau lemah di dalam menghadapi kebid’ahan dan kesesatan. Akan tetapi Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :


يُرِيدُونَ لِيُطْفِئُوا نُورَ اللَّهِ بِأَفْوَاهِهِمْ وَاللَّهُ مُتِمُّ نُورِهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ


“Mereka ingin memadamkan cahaya Allah dengan mulut-mulut mereka tetapi Allah (justru) menyempurnakan cahaya-Nya, walau orang-orang kafir membencinya’’ (ash shof -8)

Maka wajib bagi orang yang mampu dan tahu untuk membela dakwah Salafiyyah ini dan mengingkari setiap penyelewengan yang dilakukan oleh da’i-da’i penyebar fitnah dengan kesungguhan tekad dan curahan tenaga.

Berkata Nabi shollallhu ‘alaihi wa sallam dari jalan Ummu salamah radhiallohu ‘anha :

فمن كره فقد برئ و من أنكر فقد سلم و لكن من رضي و تابع

“Barangsiapa yang membenci perbuatan itu maka dia telah berlepas diri dan barang siapa yang mengingkari maka dia telah selamat akan tetapi dosa bagi orang yang ridho dan membiarkan tindakan yang mungkar tersebut.’’ (riwayat imam Muslim dan Imam Ahmad)


Dan dalam hadist Abu Sa’id al Khudri rodiallohu ‘anha Nabi sholluallohu ‘alaihi wa sallam bersabda :

[ عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال : سمعت رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم يقوم : من رأى منكم منكرا فليغيره بيده فإن لم يستطع فبلسانه فإن لم يستطع فبقلبه وذلك أضعف الإيمان ] رواه مسلم.

‘’Barangsiapa melihat kemungkaran hendaknya dia merubah dengan tangannya, apabila tidak mampu maka dengan lisannya, apabila tidak mampu maka dengan hatinya, dan itu adalah selemah-lemahnya iman.’’ (diriwayatkan oleh Imam Muslim) Berkata Imam Ibnul Qoyim-rohimahulloh-di dalam “Qoshidah Nuniyah”

فصل
في توجه أهل السنة الى رب العالمين
أن ينصر دينه وكتابه ورسوله وعباده المؤمنين
هذا ونصر الدين فرض لازم*** لا للكفاية بل على الأعيان
بيد وأما باللسان فان عجز***ت فبالتوجه والدعاء بحنان


ما بعد ذا والله للايمان حبـ***ـة خردل يا ناصر الايمان

Pasal : do’anya ahlus sunnah terhadap robul ‘alamin agar menolong agamaNya, kitabNya, dan juga hamba-hambaNya yang beriman.
        Ini, dan menolong agama adalah wajib
                 Bukan fardhu kifayah bahkan wajib ‘ain
        Dengan tangan ataukah lisan apabila tak mampu
                Maka dengan meminta, dan do’a dengan hati
        Tidak ada setelah ini, demi Allah
               Satu biji sawi iman wahai para penolong iman.

Berkata Hasan bin tsabit rodhiyallohu ‘anhu sebagaimana disebutkan oleh Imam Muslim didalam Shohihnya :

هَجَوْتَ مُحَمَّدًا بَرًّا تَقِيًّا     رَسُولَ اللَّهِ شِيمَتُهُ الْوَفَاءُ

فَإِنَّ أَبِى وَوَالِدَهُ وَعِرْضِى    لِعِرْضِ مُحَمَّدٍ مِنْكُمْ وِقَاءُ

Engkau seorang Muhammad yang baik dan bertaqwa
              Rosul Allah yang selalu memenuhi janji
Maka sesungguhnya bapakku, dan bapaknya dia, dan kehormatanku
              Sebagai benteng untuk kehormatan Muhammad dari kalian.

Dalam hadist Anas –rodhiyallohu ‘anha- berkata Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam di dalam hadistnya yang mulia :

عن أنس بن مالك قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : ما من رجل ينعش لسانه حقا يعمل به بعده الا أجرى الله عليه أجره إلى يوم القيامة ثم وفاه الله عز و جل ثوابه يوم القيامة

“ Tidakkah seseorang yang berkata kebenaran dengan lisannya, yang beramal dengan kebenaran itu orang setelahnya, kecuali Allah Subhanahu Wata’ala alirkan untuk dia ganjarannya sampai hari kiamat, kemudian dibalas dengan sempurna di hari kiamat.” 
( Hadist hasan riwayat Imam Ahmad ).

Oleh karena itu sepantasnya seorang muslim untuk membela agama ini, diantaranya dengan saling membantu didalam menyebarkan dakwah Alloh Ta’ala ini, demikian juga untuk membantah tuduhan-tuduhan keji yang ditujukan kepada orang-orang yang berusaha untuk menyebarkan dakwah ini, dan termasuk didalamnya untuk seorang murid membantah tuduhan keji yang diarahkan kepada gurunya.

Berkata Syaikhul Islam Abul Abbas Ibnu Taimiyah rohimahullohu Ta’ala di dalam kitabnya “Al Iman Al Ausath” hal 138 :

"Dan termasuk dari ihsan adalah husnuzh zhonn tholib/murid terhadap orang yang mengajarinya ilmu atau orang yang menyampaikan hadist, agar dia mendapatkan barokahnya ilmu". 

وكان بعض السلف إذا ذهب إلى معلمه تصدق بشئ وقال: اللهم استر عيب معلمي عني ولا تذهب بركة علمه مني... من حق المعلم عليك وأن تجلس أمامه ولا تشيرن عنده بيدك  ... ولا تشاور جليسك في مجلسه ولا تأخذ بثوبه إذا قام ولا تلح عليه إذا كسل ولا تعرض أي تشبع من طول صحبته وينبغي أن يتأدب بهذه الخصال التي أرشد إليها علي كرم الله وجهه وأن يرد غيبة شيخه إن قدر.

Dan sebagian orang-orang salaf apabila mereka pergi ke mu’alimnya mereka bersedekah dan berdo’a : “Ya Allah tutuplah ‘aib mu’alimku dariku dan jangan sampai hilang barokah ilmunya dariku. “ Ketahuilah-rahimakalloh-bahwa termasuk dari hak gurumu atasmu adalah : untuk engkau duduk didepannya, dan tidak mengisyaratkan dengan tanganmu di sisinya, jangan engkau mengkhianatinya, jangan bercakap dengan teman dudukmu di sisinya, jangan engkau ambil pojok bajunya apabila dia berdiri, jangan engkau memaksa apabila dia tak bersemangat, jangan engkau merasa puas untuk menuntut ilmu darinya, dan sepantasnya untuk beradab denganya dengan kemurahan Allah Subnahu Wata’ala dan agar membantah ghibah yang ditujukan kepada Syaikhnya.

Dan AnNawawi dalam “At Tibyan fi Adabi Hamalaatil Qur an” menambahkan :

فإن تعذر عليه ردها فارق ذلك المجلس

 “Apabila tak mampu membantahnya maka tinggalkanlah majelis itu.” Selesai penukilan.

Kemudian, Sesungguhnya Alloh Subhanahu wa Ta’ala adalah yang menjaga agama-Nya, menjaga para pewaris nabi-Nya, menjaga madrasah-madrasah yang mengajarkan agamanya yang haq, Sunatulloh-ketetapan Alloh Subhanahu wa Ta’ala terhadap hambanya. (Selesai)

--Penutup--

Demikian akhir dari tulisan ini kami buat, semoga bermanfaat untuk penulis dan pembaca.
Dan penulis meminta ampun kepada Alloh Subhanahu wa Ta'ala atas segala kesalahan yang penulis buat.

Berkata Imam Ibnul Qoyim rohimahullohu Ta'ala  didalam bukunya Al kaafiyah asy syaafiyah fil intishaari lil firqotin naajiyah (al qoshiidah an nuuniyah):

يا رب غفرا قد طغت أقلامنا ... يا رب معذرة من الطغيان

Wahai robku mohon ampun atas tergelincirnya penaku
                      Wahai robku mohon 'udzur dari ketergelinciranku.

سبحانك اللهم ربنا وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك و أتوب إليك


Abu Abdirrohman Utsman Wahyudi Al Indonisiy
(Pengajar Ma'had Daarus Salaf Semarang)


Semarang, 15 Jumadil Awal 1437


Tidak ada komentar:

Posting Komentar