Laman

Sabtu, 28 Mei 2016

Saya Seorang Salafy

بِسْمِ اللّهِ الرَّحمنِ الرَّحيمِ

إِنَّ الحمدَ للّه، نحمدُه ونستعينُه ونستغفرُه، ونعوذُ باللّه من شرور أنفسِنا ومن سيِّئات أعمالِنا، من يهده الله فلا مُضِلَّ له، ومن يضلِلْ فلا هادي له، وأشهد أنْ لا إِله إِلا الله وحده لا شريكَ له، وأشهد أنَّ محمداً عبده ورسوله.
"يا أيُّها الذينَ آمنوا اتَّقوا اللّه حقَّ تُقاتِه ولا تَموتُنَّ إلا وأنتُم مُسلمونَ " .
"يا أيها الناس اتَّقوا ربكم الذي خَلَقَكُم من نفسٍ واحدةٍ وخلقَ منها زوجَها وبَثَّ منهُما رِجالاً كثيراً ونساءً واتَّقوا الله الذي تساءَلونَ به والأرْحامَ إِنَّ اللّه كانَ عليكم رَقيباً"
"يا أيها الذينَ آمنوا اتَقوا اللّه وقولوا قولاً سَديداً. يُصْلحْ لكُم أعْمالَكم ويَغْفِرْ لكم ذُنوبكم ومَن يُطِع اللّه ورَسولَه فقد فازَ فوزاً عَظيماً" .
"أما بعدُ؛ فإن أصدقَ الحديثِ كتابُ اللّه، وأحسنَ الهديِ هديُ محمدٍ - صلى الله عليه وسلم -، وشر الأمورِ محدثاتها، وكلَّ محدثةٍ بدعةٌ ، وكل بدعة ضلالةٌ ، وكل ضلالةٍ في النار.


“SAYA adalah  SALAFY”
Penisbatan yang Benar.



Berikut ini fatwa-fatwa para ulama yang menganjurkan /membolehkan untuk mengatakan:  “saya adalah salafy”:


1.  Asy syaih Al-albany rohimahullohu Ta'ala :

إن كلمة السلف معروفة في لغة العرب وفي لغة الشرع؛ وما يهمنا هنا هو بحثها من الناحية الشرعية:

Sesungguhnya kata “as salaf” telah dikenal didalam bahasa arab dan juga didalam 
bahasa/istilah syariat. Adapun pembahasan kita sekarang adalah dari sisi syariat.

فقد صح عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال في مرض موته للسيدة فاطمة رضي الله عنها:" فاتقي الله و اصبري ونعم السلف أنا لك ".
Maka telah shohih dari nabi shalollohu 'alaihi wasalam bahwa beliau berkata ketika sakit sebelum meninggal kepada sayidah fathimah rodhiyallohu 'anha :”bertaqwalah engkau kepada Alloh dan bersabarlah, dan sesungguhnya sebaik-baik salaf (pendahulu) bagi 
engkau adalah aku.”

ويكثر استعمال العلماء لكلمة السلف، وهذا أكثر من أن يعد ويحصى، وحسبنا مثالا واحدا وهو ما يحتجون به في محاربة البدع:
وكل خير في إتباع من سلف ** وكل شر في ابتداع من خلف

Dan sangat banyak dari para ulama yang menggunakan kata assalaf, dan tidak mampu untuk dihitung banyaknya, dan cukup satu contoh disini yang mana para ulama biasa menyebutkannya untuk menghadapi kebid’ahan:
                                             Dan setiap kebaikan dengan mengikuti salaf
      Dan setiap kejelekan dari kebid’ahan orang belakangan.

فلا يجوز لمسلم أن يتبرأ من الانتساب الى السلف الصالح

Maka tidak boleh untuk seorang muslim menolak untuk dikatakan sebagai pengikut salafus sholeh…

وأما الذي ينتسب الى السلف الصالح، فإنه ينتسب الى العصمة-على وجه العموم-؟، وقد ذكر النبي من علامات الفرقة الناجية أنها تتمسك بما كان عليه رسول الله صلى الله عليه وسلم وما كان عليه أصحابه.
فمن تمسك بهم كان يقينا على هدى من ربه.

Adapun orang yang menyandarkan diri kepada salafus sholeh, maka sesungguhnya dia menyandarkan dirinya kepada sesuatu yang tidak akan salah (ma’shum) –secara umum-. Dan Nabi shalollohu 'alaihi wasalam telah menyebutkan diantara tanda-tanda kelompok yang selamat (firqoh an najiyah) adalah berpegangnya dia dengan apa-apa yang ada 
padanya Rosulullohi shalollohu 'alaihi wasalam dan para sahabatnya.
Barang siapa yang berpegang dengannya maka sudah pasti akan diatas petunjuk dari 
Robnya (Alloh Ta’ala).    

وهي نسبة تشرف المنتسب إليها وتيسر له سبيل الفرقة الناجية، وليس ذلك لمن ينتسب أية نسبة أخرى، لأنها لا تعدو واحدا من أمرين: إما انتسابا الى شخص غير معصوم، أو الى الذين يتبعون منهج هذا الشخص غير المعصوم….

Dan dia adalah penyandaran yang menjadi mulia orang yang mau bersandar dengannya, dan akan mudah bagi dia untuk menempuh jalannya kelompok yang selamat, dan tidaklah yang demikian ini didapatkan oleh orang-orang yang bersandar kepada yang lainnya.
Karena (kelompok-kelompok yang bersandar kepada selain salafus sholeh) tidak akan lepas dari dua perkara, yang pertama : mungkin bersandar kepada seseorang yang bukan ma’shum  (terlindungi dari kesalahan), atau mungkin bersandar kepada orang-orang yang mengikuti metode/manhaj orang yang tidak ma’shum.

ولا بد من نسبة مميزة دقيقة في هذا الزمان، فلا يكفي أن نقول: أنا مسلم فقط ! أو مذهبي الاسلام ! فكل الفرق تقول ذلك: الرافضي والاباضي والقادياني وغيرهم من الفرق !! فما الذي يميزك عنهم ؟

Dan hendaknya untuk menisbahkan/menyandarkan diri kepada sesuatu yang membedakan dengan yang lain di zaman ini, maka tidaklah cukup untuk mengatakan “saya muslim” saja, atau “madzhabku islam”. Setiap kelompok mengatakan yang demikian juga, seperti rofidhoh, ibadhiyah, qodiyaniy, dan selainnya dari kelompok-kelompok. Maka apa yang bisa membedakan engkau dengan mereka?

ولو قلت: أنا مسلم على الكتاب والسنة لما كفى أيضا، لأن أصحاب الفرق-من أشاعرة ومانريدية وحزبيين- يدعون إتباع هذين الأصلين كذلك.

Kalau sekiranya engkau mengatakan “saya muslim diatas kitab dan sunnah”, maka yang demikian tidak cukup juga, karena kelompok-kelompok seperti asyaa’iroh, maturidiyah dan hizbiyin/ golongan-golongan, mereka semua mengaku juga sebagai pengikut dua 
landasan yang asli ini juga.

ولا شك أن التسمية الواضحة الجلية المميزة البينة هي أن نقول : أنا مسلم على الكتاب والسنة وعلى منهج سلفنا الصالح وهي أن نقول باختصار :"أنا سلفي".

Dan tidak ada keraguan bahwa penamaan yang jelas yang mampu membedakan dengan gamblang adalah dengan kita mengatakan : “saya muslim berpedoman dengan kitab dan sunnah diatas manhaj/metode salaf kami yang sholeh”, yang mana cukup untuk kita 
mengatakan dengan ringkas :” saya salafy”.

فحسبكم هذا التفاوت بيننا
وكل إناء بما فيه ينضح
Maka cukuplah perbedaan ini diantara kita.
Dan setiap bejana akan menuangkan apa yang ada padanya.
 (di nukil dari majalah al-asholah 9/86)


2. Syaikhul islam Ibnu Taimiyyah rohimahullohu Ta'ala :

((لا عيبَ على من أظهر مذهب السلف، وانتسب إليه، واعتزى إليه؛ بل يجب قَبول ذلك منه اتفاقا؛ فإن مذهب السلف لا يكون إلا حقا ) 

Tidaklah jelek bagi seseorang yang menampakkan madzhab salaf, menisbahkan dan menyandarkan dirinya kepada salaf,  bahkan wajib menerima hal yang demikian, -yang sepakat padanya (para ulama)-, karena madzhab salaf  tidaklah keadaan dia kecuali benar.
 (Dari Majmu’ al fatawa jilid 4 /149)

3. Berkata asy syaih Abdul ‘Azis  bin baz rohimahullohu Ta'ala :

 (إذا كان صادقاً أنه أثري أو أنه سلفي لا بأس، مثل ما كان السلف يقول: فلان سلفي، فلان أثري، تزكية لا بد منها، تزكية واجبة(

Apabila dia jujur bahwa dia seorang atsary (yang mengikuti dalil) atau seorang salafy, maka tidak mengapa. Seperti apa yang ada di zaman salaf/terdahulu, dengan panggilan : fulan salafy, fulan atsary, sebuah pujian yang mesti padanya, sebuah pujian yang wajib. 
(dinukil dari muhadhoroh “haqul muslim”)

4. Berkata asy syaih Muhamad bin Sholih al ‘Utsaimin rohimahullohu Ta'ala :

قال العلامة الشيخ محمد بن صالح العثيمين رحمه الله تعالى " فأهل السنة والجماعة هم السلف معتقداً حتى المتأخر إلى يوم القيامة إذا كان على طريق النبي صلى الله عليه وسلم وأصحابه فإنه سلفي " .

Maka ahlus sunnah wal jama’ah mereka adalah as-salaf secara aqidah bahkan untuk orang-orang yang terakhir sampai hari kiamat, apabila diatas jalannya Nabi shalollohu 'alaihi wasalam dan para sahabatnya rodhiyallohu 'anhum, maka sesungguhnya dia adalah Salafy.
(dari syarah Aqidah al wasithiyyah, jilid 1 / 45)


5. Fatwa al Lajnah ad Daimah :

السلف هم أهل السنة والجماعة المتبعون لمحمد صلى الله عليه وسلم من الصحابة رضي الله عنهم ومن سار على نهجهم إلى يوم القيامة .

Disebutkan di dalam fatwa al lajnah daimah no 6149:
As salaf, mereka adalah ahlus sunnah wal jama’ah yang mengikuti Muhamad shalollohu 'alaihi wasalam, dari para sohabat rodhiyallohu 'anhum dan orang-orang yang berjalan diatas jalan (metodenya) sampai hari kiamat . 

6. Berkata Asy syaih Sholeh bin Fauzan Al fauzan hafidzohullohu Ta'ala :

المقصود بالمذهب السّلفي هو ما كان عليه سلف هذه الأمة من الصحابة والتابعين والأئمة المعتبرين من الاعتقاد الصّحيح والمنهج السّليم والإيمان الصّادق والتمسُّك بالإسلام عقيدة وشريعة وأدبًا وسلوكًا؛ خلاف ما عليه المبتدعة والمنحرفون والمخرِّفون . ومن أبرز من دعا إلى مذهب السّلف الأئمة الأربعة، وشيخ الإسلام ابن تيميَّة، وتلاميذه، والشيخ محمد بن عبد الوهَّاب، وتلاميذه، وغيرهم من كلّ مصلح ومجدِّد، حيث لا يخلو زمان من قائم لله بحجَّةٍ . ولا بأس من تسميتهم بأهل السنة والجماعة؛ فرقًا بينهم وبين أصحاب المذاهب المنحرفة . وليس هذا تزكية للنفس، وإنما هو من التمييز بين أهل الحق وأهل الباطل . ( المنتقى من فتاوى الفوزان 1/352-353

Maksud dari madzhab As salafy adalah apa yang sesuai dengan keadaan salaf/orang terdahulu dari umat ini di kalangan para sahabat dan para tabi’in serta imam-imam yang terpercaya, baik dalam hal aqidah yang benar, manhaj yang selamat, iman yang benar, dan berpegang dengan islam secara syariah, adab, dan cara beribadah. Yang semua ini adalah menyelesihi orang-orang yang suka berbuat bid’ah, dan suka menyimpang serta suka merubah-rubah. Dan diantara ulama-ulama yang paling menonjol berdakwah kepada manhaj salaf imam-imam yang empat (Imam Ahmad, Imam Syafi’i, Imam Malik, Imam Abu Hanifah), syaikhul islam Ibnu Taimiyyah, dan murid-muridnya, Asy syaih Muhamad bin Abdul Wahab dan murid-muridnya, serta yang selain mereka rohimahumullohu Ta'ala dari setiap orang yang memperbaiki dan memperbaharui, yang  mana tidak akan pernah kosong dari suatu zaman dari orang yang berdiri diatas hujah kebenaran karena Alloh. Dan tidak mengapa untuk memberi  nama mereka dengan Ahlus sunnah wal jama’ah, untuk membedakan antara mereka dengan para pemilik madzhab-madzhab yang sesat, dan bukanlah ini untuk memuji diri, hanya saja ini adalah untuk membedakan antara ahlul haq dan ahlul bathil. 
(dari Al Muntaqo dari fatwa-fatwa Al Fauzan jilid 1 hal 352)

7. Berkata Asy syaih Muqbil bin Hadi Alwadi’i rohimahullohu Ta'ala:

 ( أمر طيب سواء انتسبت إلى السلفية أم السنة ...وهذه النسبة ليست كنسبة الحزبيين ..) شريط (التحذير من البدع(

Sesuatu yang bagus, sama saja engkau menyandarkan dirimu kepada as-salafiyah atau kepada as-sunnah… dan ini adalah penyandaran yang tidak seperti para hizbiyiin/ kelompok-kelompok.
(dari kaset peringatan dari bid’ah)

8. Berkata Asy Syaih Muhamad Aman Al Jamy rohimahullohu Ta'ala :

ويتضح مما تقدم أن مدلول السلفية أصبح اصطلاحاً معروفاً يطلق على طريقة الرعيل الأول ومن يقتدون بهم في تلقي العلم

Dari penjelasan yang telah lewat menunjukkan bahwa (kalimat) As-salafiyah menjadi istilah yang dikenal, dimaksudkan atas suatu jalan generasi yang awal demikian juga jalannya orang-orang yang mengikuti mereka di dalam mengambil ilmu”.
(disebutkan di ash shifat al ilahiyah 64)

9. Berkata Asy syaih Ahmad bin Yahya An Najmy rohimahullohu Ta'ala :

والسلف هم أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم والتابعون لهم بإحسان من أهل القرون الثلاثة المفضلة فمن بعدهم . هذه هي السلفية ، والانتماء إليها معناه هو الانتماء إلى ما كان عليه أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم وإلى طريقة أهل الحديث ،

Dan As salaf mereka adalah para sahabat Rosulullohi shalollohu 'alaihi wasalam dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik baik dari  tiga kurun yang utama maupun yang setelahnya, maka ini adalah salafiyah. Adapun menyandarkan diri kepada mereka maknanya adalah menyandarkan diri kepada apa-apa yang ada padanya para sahabat Rosulullohi shalollohu 'alaihi wasalam dan kepada jalannya ahlul hadits.
(dari al fataawaa al jaliyah) 

10. Berkata al imam Adz Dzahaby rohimahullohu Ta'ala :

(وصح عن الدارقطني أنه قال : "ما شيء أبغض إليَّ من علم الكلام . قلتُ -أي الذهبي- لم يدخلِ الرجلُ أبداً في علم الكلامِ ولا الجدالِ ولا خاضَ في ذلك بل كان سلفيًّا) .

Berkata al imam Adz Dzahaby rohimahullohu Ta'ala : 
Benar bahwa Ad Daroquthny pernah mengatakan “tidak ada sesuatu yang lebih aku benci dari ilmu kalam”. Maka aku katakan –yakni Adz Dzahaby berkata- : “tidaklah masuk orang ini (yakni Ad Daroquthny) selamanya di dalam ilmu kalam demikian juga ilmu jidal dan tidak juga bergelut padanya, bahkan dia adalah seorang salafy”.  
(disebutkan di as-Siyar 16/457, di biografi Ad Daroquthny)

11. Berkata Asy Syaih Yahya bin Ali Al-hajury hafidzohullohu Ta’ala :

فإذا قيل لك : ما عقيدتك ؟ فقل : أنا سنِّيٌّ سلفيٌّ ، والدليل حديث العرباض بن سارية رضي الله تعالى عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : فعليكم بسنتي وسنة الخلفاء المهديين الراشدين تمسكوا بها وعضوا عليها بالنواجذ وإياكم ومحدثات الأمور فإن كل محدثة بدعة و كل بدعة ضلالة ] أخرجه أبو داود وغيره,وهو حديث حسن.

Apabila dikatakan kepada engkau : Apa aqidahmu? Maka jawablah : Aku (Aqidahku) adalah sunny salafy. Dalilnya adalah hadits Al ‘Irbadh bin Sariyah rodhiyallohu 'anhu berkata : Bahwa Nabi shalollohu 'alaihi wasalam berkata :” Maka hendaknya kalian berpegang kepada sunahku dan sunahnya al-kholifah ar rosyidin yang mendapatkan petunjuk. Berpeganglah dengannya dan gigitlah/pegangilah padanya dengan gigi gerahammu. Hati-hatilah kalian dari perkara-perkara yang baru/dibuat-buat , karena setiap perkara yang baru adalah bid’ah, dan setiap yang bid’ah adalah sesat”.

Dikeluarkan oleh Abu Daud dan yang lainnya, dan haditsnya hasan.

(dinukil dari buku “al mabadii al mufidah, halaman 12)

Sebagian nukilan ini bersumber dari buku “ath thuhfah al mahdiyah”.


-- Penutup --

Demikian akhir dari tulisan ini kami buat, semoga bermanfaat untuk penulis dan pembaca.
Dan penulis meminta ampun kepada Alloh Subhanahu wa Ta'ala atas segala kesalahan yang penulis buat.

Berkata Imam Ibnul Qoyim rohimahullohu Ta'ala  didalam bukunya Al kaafiyah asy syaafiyah fil intishaari lil firqotin naajiyah (al qoshiidah an nuuniyah):


  "Wahai robku mohon ampun atas tergelincirnya penaku,
Wahai robku mohon 'udzur dari ketergelinciranku".

سبحانك اللهم ربنا وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك و أتوب إليك


Abu Abdirrohman Utsman Wahyudi Al Indonisiy
(Pengajar Ma'had Daarus Salaf Semarang)


Semarang, 15 Jumadil Awal 1437

Tidak ada komentar:

Posting Komentar