Laman

Selasa, 12 Juli 2016

Syarh Arba'in An Nawawiyah Hadist ke-5

بِسْمِ اللّهِ الرَّحمنِ الرَّحيمِ

Terjemahan Arba'in An Nawawiyah dan Penjelasannya
Hadist ke-5

الحديث الخامس
[ عن أم المؤمنين أم عبدالله عائشة رضي الله عنها قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد ] رواه البخاري ومسلم
وفي رواية لمسلم [ من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد ]
         

Dari ummul mukminin Ummu abdillah Aisyah rodhiyallohu 'anha berkata :berkata Rosululloh shalollohu 'alaihi wasalam berkata :”barangsiapa yang melakukan perbuatan yang baru didalam perkara kami (yakni perkara agama) yang tidak termasuk dari perkara tersebut, maka hal itu tertolak”. (diriwayatkan oleh imam Al-bukhory dan imam Muslim, dan didalam riwayat imam Muslim: “barangsiapa yang beramal dengan suatu amalan yang tidak ada padanya perintah kami, maka amalan itu tertolak). 

*** shohih Bukhory no. 2697, shohih Muslim no. 1718.


Berkata Syaih Utsaimin rohimahullohu Ta’ala (150) : Aisyah rodhiyallohu 'anha diberi kunyah Ummul mukminin karena dia adalah salah seorang istri Nabi shalollohu 'alaihi wasalam, dan semua istri- istri Nabi shalollohu 'alaihi wasalam diberi kunyah dengannya. Sebagaimana firman Alloh ‘Azza wa Jalla (dan istri-istri nya adalah ibu - ibu mereka). surat al- ahzab ayat 6. Berkata Syaih Utsaimin rohimahullohu Ta’ala (152) : ketahuilah bahwa mengikuti (Nabi shalollohu 'alaihi wasalam ) tidak bisa terwujud kecuali apabila amalan tersebut mencocoki syariah di dalam enam perkara yaitu : sebab amalan tersebut, jenisnya, kadarnya, tata caranya, waktunya, dan tempatnya. Apabila amalan tersebut tidak mencocoki syariah dalam enam perkara ini maka akan rusak dan tertolak, disebabkan pelakunya membuat sesuatu amalan yang tidak termasuk dari agama.


سبحانك اللهم ربنا وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت أستغفرك و أتوب إليك

Abu Abdirrohman Utsman Wahyudi Al Indonisiy
(Pengajar Ma'had Daarus Salaf Semarang)


Semarang, 15 Jumadil Awal 1437

Tidak ada komentar:

Posting Komentar