Laman

Minggu, 25 Desember 2022

Riyadhus Salikhin Bab 23 - 24 : Amar ma'ruf nahi munkar

Riyadhush sholihin. Bab 23: amar ma'ruf dan nahy munkar. Definisinya ma'ruf adalah sesuatu yang diketahui kebaikannya secara syariah dan akal. Ayat-ayat yang berkaitan.



Riyadhush sholihin. Bab 23: Amar ma'ruf nahi munkar. Hadits no 184: merubah dengan tangan lalu dengan ucapan, kalau tak bisa dengan hati.



Riyadhush sholihin. Bab 23: Amar ma'ruf nahi munkar. Hadits no 185; umat terdahulu Amar ma'ruf nahi munkar termasuk Jihad. Hadits no 186: memberontak adalah harom.



Riyadhush sholihin. Bab 23: Amar ma'ruf nahi munkar. Hadits no 187: permisalan Amar ma'ruf nahi munkar seperti orang orang yang naik kapal. Hadits no 188: selama pemimpin menegakkan Sholat maka tidak boleh memberontak.



Riyadhush sholihin. Bab 23: Amar ma'ruf nahi munkar. Hadits no 189: apabila banyak kejelekan walaupun ada orang sholihin ditakutkan terjadi adzab. Hadits no 190: larangan duduk di pinggir jalan kecuali apabila memberikan haknya.



Riyadhush sholihin. Bab 23: Amar ma'ruf nahi munkar. Hadits no 191: larangan memakai cincin emas dan mengingkari laki laki yang memakainya. Hadits no 192: paling jelek pemimpin adalah yang keras kejam.



Riyadhush sholihin. Bab 23: Amar ma'ruf nahi munkar. Hadits no 193: hukuman yang meninggalkan Amar ma'ruf nahi munkar tidak dikabulkan doa nya. Hadits no 194 dan 195: sebagus Jihad Amar ma'ruf nahi munkar kepada pemimpin dihadapannya karena tidak ada kemungkinan selamat atau sedikit.



Riyadhush sholihin. Bab 23: Amar ma'ruf nahi munkar. Hadits no 196: kisah orang orang bani Isroil yang dilaknat atas lisan Nabi mereka.



Riyadhush sholihin. Bab 23: Amar ma'ruf nahi munkar. Hadits no 197: tidak sempurna hidayah kecuali dengan Amar ma'ruf nahi munkar, bukan berarti yang penting diriku tanpa memperdulikan orang lain. Selesai.



Riyadhush sholihin. Bab 24: bahayanya orang yang Amar ma'ruf nahi munkar dan menyelisihinya. Ayat-ayat yang berkaitan dengan bab ini. Tidak disyaratkan untuk Amar ma'ruf nahi munkar dalam keadaan orang tersebut harus sempurna.



Riyadhush sholihin. Bab 24: bahayanya orang yang Amar ma'ruf nahi munkar dan menyelisihinya. Hadits no 198: Orang yang seperti ini nanti akan mengelilingi ususnya di neraka dan dibicarakan oleh orang-orang penghuni neraka. Kisah walid bin uqbah. Selesai.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar